Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Dalam melaksanakan tugasnya secara profesional,
Guru memerlukan wawasan yang mantap dan utuh tentang kegiatan balajar-mengajar.
Seorang Guru harus mengetahui dan memiliki gambaran secara menyeluruh mengenai
bagaimana proses belajar-mengajar itu terjadi serta langkah-langkah apa yang
diperlukan sehingga tugas –tugas keguruannya bisa dilakukan dengan baik dan
memperoleh hasil sesuai dengan tujuan yang diharapkan.
Salah
satu wawasan yang perlu dimiliki Guru adalah strategi belajar-mengajar yaitu
garis besar haluan bertindak dalam rangka mencapai sasaran yang telah digariskan. Untuk mencpai
tujuan tesebut perlu dikembangkan iklim pembelajaran yang kondusif dan
mempersiapkan diri secara optimal. Pengeloalan pembelajaran yang dilakukan
dengan baik tentunya akan berpengaruh terhadap keberhasilan pembelajaran dan
berhasilnya akibat penguasaan materi pelajaran oleh siswa (murid).
Jadi, tugas seorang guru adalah mendidik, mengajar dan melatih
siswanya agar mampu melaksanakan tugas tersebut dengan baik. Guru harus
menguasai strategi atau berbagai kemampuan mengajar. Salah satu bagian dari
pengembangan metode demontrasi
diantaranya adalah mengembangkan diri secara profesional.
1
|
Pembelajaran yang berhasil
ditunjukkan oleh lingkup penguasaan siswa terhadap materi pelajaran yang
diberikan oleh guru serta tinggi rendahnya penguasaan materi pelajaran tersebut
dapat dilihat dari evaluasi yang dilaksanakan setelah proses pembelajaran.
Secara umum, prestasi belajar ini tercermin dari terserapnya materi pelajaran
oleh anak. Tingkat penguasaan siswa terhadap materi pelajaran tersebut biasanya disebut sebagai
prestasi hasil belajar siswa yang dinyatakan dalam bentuk nilai belajar,
sehinggga kegiatan pembelajaran dapat
dikatakan berhasil apabila lebih dari 70 % jumlahh anak menguasai pelajaran
dengan baik.
Jadi, guru sebagai salah satu
komponen penting sekolah harus mampu memiliki kemampuan profesional yang
memadai agar mampu mencapai hasil yang lebih dari 70% seperti yang diutarakan
di atas. Dengan demikian, apabila hal tersebut dapat dicapai guru sangat
berarti baik di hadapan siswa (subjek didik)
maupun di mata masyarakat, Dalam rangka mempertahankan hal tersebut
guru harus memperhatikan: pengembangan diri terutama sekali kemampuan
profesional, keluasan dan kedalaman
wawasan yang digunakan sebagai landasan dalam mengambil keputusan, dan Guru harus kaya dengan inovasi kreatif dalam
memilih strategi (metode) pembelajaran yang digunakan sekaligus sebagai
pemertahanan aspek keberhasilan tersebut. Bertumpu pada beberapa hal tersebut
guru sebagai pendidik salah satu aspek
yang digunakan untuk meningkatkan kualitas
pembelajaran adalah dengan diadakannya penelitian tindakan kelas.
Tindakan kelas sebagai salah satu hal
yang membantu dalam usaha meningkatkan kemampuan baik guru, siswa maupun materi
itu sendiri.
Berangkat
dari hal-hal di atas, ada beberapa hal yang menjadi catatan, salah satu di
antaranya adalah kenyataan di lapangan baik dari hasil observasi maupun
kegiatan evaluasi yang dilakukan terhadap 26 siswa/ anak Kelas II SDN 2
Wanareja pada semester II, tahun pelajaran 2015/2016 untuk mata pelajaran
bahasa Indonesia dan Ilmu Pengetahuan Alam, hasil yang diperoleh sangat kurang memuaskan. Hasil
yang telah diperoleh dari kegiatan dalam mata pelajaran bahasa Indonesia hanya
lima (5) orang dari 26 siswa yang tingkat penguasaan materi pelajaran
memperoleh nilai di atas 70 dan hanya tiga orang siswa tingkat penguasaan
materi pelajaran memperoleh nilai di atas 70 pada mata pelajaran Ilmu
Pengetahuan Alam. Sedangkan sisanya rata-rata tingkat pennguasaan siswa
terhadap materi pelajaran di bawah 60.
Dalam
rangka meningkatkan penguasaan
siswa terhadap materi pelajaran bahasa
Indonesia dan Ilmu Pengetahuan Alam, maka diperlukan langkah dalam proses
pembelajaran tersebut, langkah yang dimaksud adalah Penelitian Tindakan Kelas
(PTK) sangat penting diperlukan guna
pengkajian yang lebih mendalam terhadap sesuatu yang terjadi di dalam kelas
dan juga untuk menambah kepekaan guru terhadap dinamika pembelajaran di dalam
kelas. Oleh sebab itu, penulis dibantu oleh teman sejawat melakukan perbaikan
pembelajaran ini dilakukan untuk memenuhi salah satu tugas akhir dalam mata
kuliah Pemantapan Kemampuan Profesional (PKP) pada jenjang Program Pendidikan
Guru Sekolah Dasar (PGSD).
Berangkat dari latar belakang tersebut, maka
peneliti melakukan penelitian tindakan yang berjudul: “Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis dan Pemahaman Kenampakan
Matahari Menggunakan Metode Demonstrasi dalam Pembelajaran Tematik
Pada Peserta Didik Kelas II Sekolah Dasar Negeri Wanareja 02 Semester II Tahun
Pelajaran 2015/2016”.
B. Rumusan Masalah dan Pemecahan Masalah
1. Rumusan
Masalah
Berdasarkan latar belakang
masalah pada bagian pendahuluan di atas, dapat dirumuskan masalah utama
yang akan dikaji melalui penelitian tindakan kelas ini adalah sebagai berikut.
v
Bagaimana meningkatkan kemampuan menulis pada fokus pembelajaran Bahasa
Indonesia dan pemahaman perubahan Kenampakan Matahari pada fokus pembelajaran Ilmu
Pengetahuan Alam dengan menggunakan
metode Demonstrasi siswa Kelas II SD Negeri
Wanareja 02
2. Pemecahan Masalah
Untuk mencapai hasil yang memuaskan, guru
harus mengelola kegiatan pengajaran Bahasa Indonesia dan mata pelajaran Ilmu
Pengetahuan Alam melalui penggunaan
strategi Demonstrasi dengan sebaik-baiknya. Hal-hal yang harus diperhatikan
guru dalam mengelola kegiatan tersebut adalah
sebagai berikut. (1) Persiapan, Pertama
kali guru harus mengidentifikasi permasalahan yang terjadi di dalam proses
pembelajaran, setelah mengidentifikasi barulah disusun rencana tindakan yang
sesuai dengan kondisi anak didik. (2)
aktivitas pembelajaran,
kelompok-kelompok siswa disiapkan dan diatur tempat duduknya agar
suasana menjadi menarik. kemudian guru memberikan deskripsi materi baik mata
pelajaran bahasa Indonesia maupun mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam yang
menyangkut: orientasi kelas dan
pelaksanaan pendekatan Demonstrasi.
Jadi
berdasarkan kerangka pemikiran di atas maka hipotesis tindakan penelitian ini
adalah sebagai berikut: melalui penggunaan strategi Demonstrasi dalam fokus
pembelajaran bahasa Indonesia dan Ilmu Pengetahuan Alam, kemampuan siswa serta
aktivitasnya akan dapat ditingkatkan.
C.
Tujuan Penelitian
Penelitian ini dilakukan bertujuan
untuk:
¨ Untuk meningkatkan kemampuan penguasan materi oleh peserta didik Kelas
II SDN Wanareja 02 pada fokus pembelajaran Bahasa Indonesia dan Ilmu
Pengetahuan Alam dengan menggunakan strategi Demonstrasi dalam pembelajaran
berbasis tematik..
- Manfaat Hasil Penelitian
Penelitian ini diharapkan dapat
memberikan manfaat baik yang bersifat praktis maupun teoretis. Manfaat tersebut
antara lain adalah sebagai berikut.
Bagi Siswa:
1. Meningkatkan kemampuan dan pemahaman
siswa dalam menggunakan strategi
Demonstrasi;
2. Meningkatkan keberanian untuk
tampil di muka kelas;
3. Meningkatkan kreativitas
berpikir dan bernalar siswa;
4. Menghilangkan kejenuhan siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dan Ilmu Pengetahuan Alam.
Bagi guru:
1. Dapat membantu guru dalam
menerapkan/menggunakann metode demonstrasi.
2. Dapat membantu guru dalam menyusun prosedur pembelajaran Bahasa
Indonesia dan Ilmu Pengetahuan Alam yang
dapat digunakan untuk meningkatkan
pemahaman penguasaan siswa;
3. Dapat membantu guru dalam menyusun topik-topik. pembelajaran Bahasa
Indonesia dan Ilmu Pengetahuan Alam yang
benar-benar relevan dengan kebutuhan dan minat siswa, yang menarik, yang
memberikan wawasan dan pengetahuan baru, serta yang menantang kreativitas
berpikir siswa.
Bagi Sekolah:
1. Akan meningkatkan kualitas lulusan;
2. Meningkatkan kredibilitas
sekolah yang bersangkutan; dan
3. Meningkatkan grade sekolah.