"The true sign of intelligence is not knowledge but imagination..... Tanda sejati dari kecerdasan adalah bukan pengetahuan tapi imajinasi" by Albert Einstein

ANGKET GAYA BELAJAR

ANGKET OBSERVASI GAYA BELAJAR

Nama siswa          :  ..........................................                                 Kelas      :     ...................................

Bila Kamu....

Apakah Kamu....

Visual

Auditori

Kinestetik

Mengeja sesuatu

Mencoba membanyangkan sesuatu (apakah itu kelihatan benar)

Mengucapkannya (apakah itu kedengarannya benar)

Menuliskannya (apakah itu rasanya benar)

Sedang berkonsentrasi

Sangat terganggu terhadap sesuatu yang berantakan.

Sangat terganggu oleh suara-suara.

Sangat terganggu oleh gerakan atau gerakan fisik.

Memilih bentuk seni favorit

Lebih menyukai lukisan

Lebih menyukai musik

Lebih menyukai dansa/tarian/pahatan patung.

Menghargai seseorang

Cdnderung menulis pujian akan pekerjaan secara tertulis.

Cenderung memberi pujian secara lisan.

Cenderung memberinya tepukan dibahunya.

Berbicara

Berbicara cepat, tetapi membatasi pembicaraan yang memakai kiasan.

Berbicara fasih dengan kecepatan yang tetap, dalam suatu urutan yang logis dan dengan sedikit keraguan.

Memakai gerakan tangan, berbicara mengenai tindakan-tindakan dan perasaan. 

Bertemu orang-orang

Mengingat sebagian besar bagaimana penampilan mereka, bagaimana suasana sekelilingnya.

Mengingat sebagian besar yang dikatakan atau mengingat nama mereka.

Mengingat sebagian besar yang kamu lakukan dengan mereka dan/atau mengingat emosi mereka.

Menonton atau membaca

Mengingat secara paling baik penampilan adegan-adegan dan orang-orang.

Mengingat secara paling baik apa yang dikatakan dan bagaimana bunyi musiknya.

Mengingat secar paling baik apa yang terjadi dan/atau emosi tokoh-tokohnya.

Menafsirkan mood orang

Terutama memperhatikan ekspresi wajahnya.

Mendengarkan nada suaranya.

Memperhatikan gerakan-gerakan tubuhnya.

Sedang mengingat-ingat sesuatu

Mengingat apa yang dilihat/wajah orang-orang/penampilan barang-barang

Mengingat apa yang dikatakan/nama orang-orang/lelucon.

Mengingat apa yang dilakukan, bagaimana rasanya setelah terjadi.

Sedang menghafal sesuatu

Lebih senang untuk menghafalnya dengan menulis sesuatu berulang-ulang.

Lebih senang untuk menghafalnya dengan mengucapkan kata-kata dengan keras berulang kali.

Lebih senang untuk menghafalnya dengan melakukan sesuatu berulang kali.

Sedang marah

Menjadi diam dan “darahmu mendidih”.

Mengekspresikannya dengan “ledakan”.

“menyerbu” mengepalkan tinju, melempar barang-barang.

Sedang tidak aktif

Melihat ke sekeliling, menggambar dengan melamun, menonton sesuatu.

Berbicara pada diri sendiri atau orang lain.

Menjadi gelisah, berjalan mondar mandir.

Sedang beajar

Lebih senang untuk membacanya, melihat kata-kata ilustrasi atau diagram; membuat sketsa.

Lebih senang untuk diberitahu, menghadiri ceramah/kuliah, membicarakannya.

Lebih senang dilibatkan, ikut berpartisipasi, mencobanya, menulis catatan-catatan.

Memasang peralatan baru

Terlebih dahulu melihat diagram/membaca petunjuk-petunjuk.

Lebih dahulu menanyakan seseorang untuk memberitahu apa yang harus dilakukan.

Lebih dahulu menangani bagian-bagian yang kecil.

Total

 

 

 

 

 

Tanda tangan orang tua

Komentar

 

 

 

 

 

 


0 komentar: