1
MODUL 1
KONSEP DASAR INOVASI PENDIDIKAN
PENDAHULUAN
Modul ini merupakan landasan penting bagi Anda untu
k mempelajari
inovasi pendidikan. Anda tentu telah memahami bahwa
kemajuan dan perubahan
kehidupan sosial yang serba cepat ini merupakan tan
tangan dan atau masalah
dalam pendidikan. Bagaimana kita harus menyiapkan b
ahkan mampu
mengembangkan anak didik agar mereka mampu menghada
pi kehidupan modern
ini?. Bagaimana kurikulum sekolah harus disusun aga
r rekevan dengan tantangan
kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan?. Bagaimana
mendayagunakan fasilitas
peralatan teknologi untuk mengefektifkan proses bel
ajar?. Metodologi apa yang
tepat digunakan sesuai dengan perubahan pola kehidu
pan dewasa ini?. Masih
banyak lagi permasalahan dalam bidang pendidikan ya
ng tidak akan pernah habis
karena tantangan kehidupan yang selalu berubah dan
berkembang.
Dalam modul ini, Anda akan mempelajari konsep dasar
inovasi
pendidikan. Dengan memahami inovasi pendidikan, And
a diharapkan dapat
memiliki kemampuan sebagai berikut:
1.
Dapat menjelaskan perbedaan pengertian antara disko
veri, invensi, dan
inovasi.
2.
Dapat menjelaskan kaitan antara inovasi dan moderni
sasi.
3.
Dapat menjelaskan pengertian inovasi pendidikan.
2
Kemampuan tersebut sangat penting bagi Anda untuk m
engembangkan wawasan
dan pemahaman tentang inovasi pendidikan, yang dap
at menjadi bahan analisis
Anda.
Agar Anda berhasil dengan baik dalam mempelajari mo
dul ini, ikuti
petunjuk belajar sebagai berikut:
1.
Bacalah dengan cermat bagian pendahuluan modul ini
sampai Anda
memahami betul apa, untuk apa, dan bagaimana mempel
ajari modul ini.
2.
Baca sepintas bagian demi bagian dan temukan kata-k
ata kunci dan kata-kata
yang Anda anggap baru. Carilah dan baca pengertian
kata-kata kunci dalam
daftar kata-kata sulit modul ini atau dalam kamus y
ang ada.
3.
Tangkaplah pengertian demi pengertian dari isi modu
l ini melalui pemahaman
sendiri dan tukar pikiran dengan mahasiswa atau gur
u lain dan dengan tutor
Anda.
4.
Terapkan pengertian-pengertian inovasi pendidikan s
ecara imajiner (dalam
pikiran) dan dalam situasi terbatas melalui simulas
i sejawat (
peer-group
simulation
) pada saat tutorial.
5.
Mantapkan pemahaman Anda melalui diskusi mengenai p
engalaman simulasi
dalam kelompok kecil atau klasikal pada saat tutori
al.
0 komentar: